Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )
Nama Sekolah : SDN 16 Peusangan
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Kelas / Semester :
IV ( Empat ) / I ( Satu )
Standar
Kompentensi :
Memahami Sejarah, Kenampakan Alam, dan Keragaman Suku Bangsa di Lingkungan Kabupaten / Kota dan Provinsi.
Kompetensi
Dasar
: Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat ( Kab / Kota dan
Provinsi ).
Indikator : - Mengedentifikasikan
suku bangsa dan budaya setempat.
-
Memberi contoh cara menghargai keragaman
suku bangsa dan budaya setempat.
-
Menunjukkan sikap menghargai keragaman
suku bangsa dan budaya setempat.
-
Menjelaskan pentingnya menghargai
keragaman suku bangsa dan budaya setempat.
Alokasi Waktu : 9 x 35 Menit.
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa
Mampu :
1.
Menyebutkan suku bangsa dan budaya
setempat.
2.
Menyebutkan contoh cara menghargai
keragaman suku bangsa dan budaya setempat.
3.
Menghargai keragaman suku bangsa dan
budaya setempat.
4.
Menjelaskan pentingnya menghargai
keragaman suku bangsa dan budaya setempat.
B. Materi Pembelajaran : Keragaman Suku Bangsa
dan Budaya.
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah.
- Tanya
Jawab.
- Penugasan.
- Diskusi.
D. Langkah Pembelajaran
v Pertemuan 1
- Kegiatan Awal :
·
Guru memberi salam kemudian mengabsen
·
Guru memberikan motivasi mengenai
materi-materi yang akan diajarakan dan manfaatnya serta penyampaian tujuan
pembelajaran.
- Kegiatan Inti :
·
Guru menjelaskan tentang keragaman suku
bangsa dan budaya.
·
Siswa mengamati model / gambar suku
bangsa dan budaya setempat.
·
Guru memberikan umpan balik tentang
materi yang diajarkan.
-
Kegiatan
Penutup :
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa
yang bertanya mengenai materi yang tidak dimengerti.
·
Guru dan siswa membuat kesimpulan
materi.
·
Guru mengakhiri pembelajaran dengan
salam.
v Pertemuan II
-
Kegiatan
Awal :
·
Guru memberi salam kemudian mengabsen.
·
Mengulang kembali sedikit materi
sebelumnya.
·
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat
materi yang akan dibahas.
-
Kegiatan
Inti :
·
Dengan ceramah guru menyampaikan cara
menghargai ragaman suku bangsa dan budaya setempat.
·
Mendiskusikan cara menghargai ragaman
suku bangsa dan budaya setempat.
·
Guru memberikan kesempatan untuk
mempresentasikan hasil kerja siswa didepan kelas.
-
Kegiatan
Penutup :
·
Secara bersama-sama merangkum materi
yang telah dibahas.
·
Guru menyuruh siswa untuk mencarikan
gambar suku bangsa dan budaya untuk pertemuan selanjutnya.
v Pertemuan III
-
Kegiatan
Awal :
·
Guru menberi salam kemudian mengabsen.
·
Mengulang sedikit materi sebelumnya.
-
Kegiatan
Inti :
·
Secara kelompok siswa memperesentasikan
tentang pentingnya menghargai keragaman suku dan budaya setempat.
·
Guru menjelaskan makalah tersebut dan
mengaitkan dengan buku.
·
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk bertanya materi yang tidak dimengerti.
-
Kegiatan
Penutup :
·
Siswa menyimpulkan hasil diskusi.
·
Guru mengakhiri pertemuan dengan salam.
E. Sumber Bacaan
-
Gambar Suku Bangsa.
-
Buku Paket.
-
Masyarakat Sekitar.
-
Televisi.
F. Penilaian
-
Tertulis.
-
Diskusi.
LKS
1.
Bagaimana cara menghargai ragaman
suku bangsa dan budaya ?
2.
Carilah gambar suku bangsa dan
budaya setempat ?
3.
Pentingkah menghargai keragaman
suku bangsa dan budaya ?
No comments:
Post a Comment