Tuesday 9 February 2016

Makalah : Dasar Pemikiran, Fokus dan Tujuan Dalam Teori Kebidanan Reva Rubin

BABI
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Secara umum teori dan konsep adalah hal yang sangat berkaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Dalam pelayanan kebidanan, teori-teori yang digunakan dalam praktik kebidanan berasal dari konseptual model kebidanan. Teori atau konsep sejatinya adalah penjelasan dari suatu kejadian dan fenomena. Proses penjelasan ini memerlukan pemikiran yang dalam.
Konsep atau teori adalah gambaran tentang objek dari suatu kejadian atau objek yang digunakan oleh peneliti untuk menggambarkan fenomena sosial yang menarik perhatiannya.
Konseptual model merupakan gambaran abstrak suatu ide  yang menjadi dasar suatu disiplin ilmu. Konseptual model dapat memberikan gambaran abstrak atau ide yang mendasari disiplin ilmu dan kemudian diterapkan sesuai dengan bidang masing-masing.

B.     Tujuan
Untuk mengetahui Dasar pemikiran fokus dan tujuan dalam teori kebidanan reva rubin



BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

A.    Biografi Reva Rubin
Reva Rubin, mantan Universitas Chicago profesor yang merupakan salah satu spesialis pertama di keperawatan maternitas, telah meninggal pada usia 76.
Pejabat di University of Pittsburgh, tempat ia mengajar selama 21 tahun sebelum pensiun pada tahun 1981, kata Profesor Rubin meninggal 13 Mei karena serangan jantung di rumahnya di Harrisville, Dalam sejumlah studi kasus yang dia diamati dan didokumentasikan sebagai perawat, bidan dan guru, ia meneliti bagaimana ibu menggunakan berbagai indra-penglihatan, penciuman dan sentuhan-untuk menjadi akrab dengan bayi mereka.
Untuk mendorong bahwa ikatan yang ia mengamati, ia adalah seorang pendukung awal menjaga ibu dan bayi baru lahir bersama-sama sebanyak mungkin pada hari-hari pertama setelah kelahiran.
Pada tahun 1980-an, konsep bahwa ada waktu khusus yang tepat setelah lahir selama ibu menjadi emosional melekat pada bayi mereka mulai menerima kritik dari beberapa peneliti, meskipun perubahan dalam praktek rumah sakit bahwa penelitian tidak pernah dipertanyakan tempa.
Dia adalah penulis “The Identitas Ibu dan Pengalaman Ibu.”
Pada tahun 1972, dia adalah co-pendiri dengan temannya dan kolega profesional lama, Dr Florence Erickson dari Perawatan Anak Perawatan Ibu Journal, jurnal penelitian pertama di lapangan.

Bersama-sama, mereka juga mendirikan master dan program doktor dalam keperawatan di University of Pittsburgh.
Setelah lulus dari Hunter College di tahun 1941, ia pergi ke Yale untuk menerima gelar master dalam keperawatan di 1946 dan dalam kesehatan kesehatan mental pada tahun 1954.
Dia mengajar di Yale dan University of Chicago sebelum bergabung dengan University of Pittsburgh pada tahun 1960.

B.     Teori Reva Ruben
Rubin adalah seorang perawat bidan di USA. Rubin mengembangkan penelitian dan teori tentang kesehatan ibu dan anak khususnya ibu bersalin. Penelitian dan pengamatan dilakukan selama lebih dari 20,tahun dengan lebih dari 6000 responden.   
Tujuan Rubin adalah mengidentifikasi bagaimana seorang perempuan mencapai peran menjadi seseorang dan hal apa sajakah yang memengaruhinya, baik yang bersifat positif maupun negatif.
Menurut Rubin seorang sejak hamil sudah mempunyai harapan sebagai berikut :
1.      Memastikan keselamatan secara fisik, kesejahteraan ibu dan bayi.
2.      Memastikan penerimaan masyarakat terutama orang-orang yang sangat berarti bagi ibu dan bayi.
3.      Penentuan gambar identitas diri.
4.      Mengerti tentang arti memberi dan menerima.

Perubahan yang umum terjadi pada perempuan ketika hamil adalah :
a.       Cenderung lebih tergantung dan membutuhkan perhatian yang lebih baik, untuk bisa berperan sebagai calon ibu dan mampu memerhatikan perkembangan janinnya.
b.      Membutuhkan sosialisasi.

C.    Tahapan Psikososial (Psikososial Stage)
1)      Anticipatory stage
Tahap ini ibu-ibu melakukan latihan peran dan memerlukan interaksi dengan anak yang lain.
2)      Honeymoon stage
Ibu mulai memahami sepenuhnya peran dasarnya.. Pada tahap ini, ibu memerlukan bantuan anggota keluarga yang lain.
3)      Plateu stage
Ibu akan mencoba dengan sepenuhnya apakah ia telah mampu menjadi ibu. Tahap ini membutuhkan waktu beberapa minggu dan ibu akan melanjutkan sendiri.
4)      Disngagement
Merupakan tahap penyelesaian dimana latihan peran dihentikan. Pada tahapan ini peran sebagai orang tua belum jelas.

Reaksi umum pada kehamilan, biasanya swbagai berikut :
a)      Trimester I
Ambiven, takut, fantasi, khawatir
b)      Trimester II
Perasaan lebih enak, meningkatkannya kebutuhan untuk mempelajari tentang perkembangan dan pertumbuhan janin, menjadi narsistik, pasif, introvert, kadang egosentrik dan self centered.
c)      Trimester III
Berperasaan aneh, semberono, jelek. Menjadi lebih introvert, mereflesikan terhadap pengalaman masa kecil.

D.    Aspek Yang Diidentifikasi Dalam Peran Ibu Hamil
1)      Gambaran tentang idaman
Sebuah gambaran ideal/positif mengenai perempuan yang berhasil melaksanakan perannya sebagai ibu yang baik. Seorang ibu muda akan mempunyai seseorang yang dijadikannya contoh bagaimana seharusnya menjadi seorang ibu.
2)      Gambaran tentang diri
Gambaran mengenai dirinya sendiri dihasilkan melalui pengalaman. Gambaran diri seorang perempuan adalah bagaimana seorang perempuan tersebut memandang dirinya, sebagai bagian dari pengalaman diri, terkait dengan peran ibu yang akan dilakukan.
3)      Gambaran tubuh
Perubahan yang terjadi pada tubuh perempuan selama proses kehamilan dan perubahan spesifik yang terjadi selama kehamilan serta setelah melahirkan.

E.     Tahap pelaksanaan peran menjadi seorang ibu
1)      Taking on
Wanita meniru dan melakukan peran ibu, dikenal sebagi tahap meniru. Dalam tahap taking on terdapat kegiatan mimicry (peniruan) yaitu perempuan meniru perilaku perempuan lain yang pernah hamil dengan cara melihat, mendengar dan melaksanakanpengalaman menjadi seorang ibu. Misalnya : apa yang dilakukan saat persalinan atau bagaimana pertumbuhan bayi pada hari-hari pertama, dan role play (mencoba bermain peran) yaitu menciptakan kondisi di masa yang akan datang dengan sengaja, misalnya : berlatih merawat bayi dengan menjadi pengasuh anak temannya atau mencoba menyuapi anak kecil.
2)      Taking in
Taking in meliputi kegiatan berfantasi. Fantasi perempuan tidak hanya meniru tetapi sudah mulai membayangkan peran yang dilakukan dimasa yang akan datang, misalnya : akan seperti apa proses persalinannya nanti atau baju apa yang akan dikenakan bayinya nanti. Dan kegiatan introjections, projection, dan rejection yang merupakan tahap dimana perempuan menirukan model-model yang ada sesuai dengan pendapatnya. Dalam tahap ini, bisa terjadi proses penerimaan dan penolakan. Misalnya : saat ibu memandikan bayinya di rumah, dia akan melakukannya berdasarkan apa yang dipelajari di rumah sakit atau di tempat lainnya.


3)      Leting go
Merupakan fase dimana perempuan mengingat kembali proses dan aktivitas yang sudah dilaksanakannya. Perempuan tersebut mengevaluasi hasil tindakannya di masa lalu dan menghilang tindakan yang dia anggap sudah tidak tepat lagi.

Faktor-faktor yang memengaruhi suksesnya masa transisi ke masa menjadi orang tua pada masa postpartum adalah :
a.       Respon dan dukungan dari teman dan keluarga.
b.      Hubungan dari pengalaman melahirkan.
c.       Pengalaman melahirkan dan membesarkan anak yang lalu (sebelumnya)
d.      Pengaruh budaya



BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Menekan pada pencapaian peran sebagai ibu, untuk mencapai peran ini seorang wanita memerlukan proses belajar melalui serangkaian aktivitas atau latihan. Dengan demikian, seorang wanita terutama calon ibu dapat mempelajari peran yang akan di alaminya kelak sehingga ia mampu beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi khususnya perubahan psikologis dalam kehamilan dan setelah persalinan.





DAFTAR PUSTAKA

http://ditaadjah.blogspot.com/p/konsep-kebidanan.html

http://bidanshop.blogspot.com/2010/05/dasar-fokus-dan-tujuan-dalam-teori.html

Sofyan, Mustika. 50 tahun IBI Bidan Menyongsong Masa Depan. Pengurus Pusat IBI. Jakarta. 2003

Depkes RI pusat pendidikan Tenaga Kesehatan . Konsep Kebidanan. 1995


Estiwidani, Meilani, Widyasih, Widyastuti, Konsep Kebidanan. Yogyakarta, 2008.

No comments:

Post a Comment

Makalah : Sistem Pedidikan Nasional