BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Seiring dengan perkembangan zaman,
maka kemajuan informasi dan teknologi sangat di perlukan, kemudahan dalam
mengakses informasi begitu penting, sehingga peningkatan jumlah pemakai
internet setiap tahun selalu meningkat di seluruh dunia. Sekarang banyak sekali
layanan - layanan akses internit yang kita pilih sesuai sesuai dengan kebutuhan
kita salah satunya layanan akses internet dari PT. TELKOM. Seperti, telkomnet
instan dan telkom speedy. Telkomnet instan merupakan layanan Akses dial –up
dengan kecepatan berkisar antara 40 kbps -56 kbps sedangkan telkom speedy
merupakan akses ADSL dengan kecepatan up.
Ada lagi layanan internet yang
menggunakan wireless lan yang merupakan Akses internet tanpa kabel, atau
menggunakan handpone, PDA, laptop dan yang lain. Selain itu sinyal hotspot yang
sering di sebarkan di tempat-tempat seperti : mail, Café, kampus, atau berbagai
tempat lainnya bisa di gunakan untuk mengakses – Internet, kita hanya perlu
membawa peralatan mobile kita di tempat tersebut dan ber- Internetan di sana.
Di era sekarang setiap masyaraakat tentunya telah dipermudah untuk mengakses
Internet, begitu pula remaja, pada umumnya remaja cenderung menginginkan
sesuatu yang serba instan dan cepat sehingga terkadang kurang memikirkan aspek
dampak. Maka dari itu, kami menyusun karya tulis ini agar para pembaca dapat
lebih memahami Pengaruh Internet Terhadap Kehidupan Remaja.
B. Rumusan Masalah
o Bagaimana proses pengenalan Internet pada remaja ?
o
Bagaimana pengaruh perkembangan Internet terhadap kehidupan
remaja?
C.
Tujuan penelitian
Karya tulis ini bertujuan untuk menambah wawasan tentang : Pengaruh
internet terhadap kehidupan remaja. Serta meminimalisir dampak negatif internet
terhadap kehidupan remaja.
D. Manfaat penelitian
Internet
dapat membantu siswa untuk mengakses berbagai informasi dan ilmu pengetahuan
serta sharing riset antarsiswa terutama dengan mereka yang berjauhan tempat
tinggalnya.
BAB II
LANDASAN TEORITIS
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang
mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain
di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi
dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
Sejarah
Internet di mulai pada 1969 ketika departemen kesehatan Amerika, U.S. Devence
Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset
tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah koputer sehingga membentuk
jaringan organik. Program riset ini di kenal dengan nama ARPANET.
Pada tahun 1970, sudah lebih dari 10
kompyter yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling
berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil
menyempurnakan program e-mail yang dia ciptakan setahun yang lalu untuk
ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer.
Pada tahun yang sama, Icon @ juga di perkenalkan sebagai lambang penting yang
menunjukkan “at” atau “pada”.
Tahun 1973, jaringan komputer
ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College
di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika Serikat yang
menjadi anggota jaringan ARPANET. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer
yakni Viton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagsan yang lebih besar,
yang menjadi cikal bakal pemikiran Internet. Ide ini di presentasikan untuk
pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah
tanggal 26 MARET 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari
Royal Signal and Radi Establishment di Malven. Setahun kemudian, sudah lebih
100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.
BAB III
METODE PENELITIAN
A.
Tempat dan waktu penelitian
1.Tempat
Tempat
dilakukannya di warnet-warnet terdekat,dan juga sekolah-sekolah yang terdapat
di wilayah Matang glp II.
2.Waktu
Penelitian
dilakukan mulai tanggal 14 januari sampai 17 januari 2013.
B.
Subjek penelitian
Subjek penelitian yang digunakan
adalah orang yang mengakses internet,seperti Google,Yahoo,Facebook dan
lain-lain.
C.
Instrumen penelitian
Instrumen atau alat yang
digunakan oleh komputer dan jaringan internet.
D.
Prosedur penelitian
Prosedurnya seperti
mencari informasi,jejaring sosial,komunikasi,transfer file,update berita dan
hiburan.
BAB IV
HASIL PENELITIAN
.
Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling
banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna
lainnya dari seluruh dunia. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet
sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi. Bisa digunakan sebagai lahan
informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain. Kemudahan
bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi
menuju ke tempat penawaran/penjualan.Internet juga dapat mempengaruhi dampak
positif seperti Penipuan Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet
pun tidak luput dari serangan penipu.
Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan
hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia
informasi tersebut dan juga Carding Karena sifatnya yang real time (langsung),
cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah cara yang paling banyak
digunakan dalam dunia internet.
Para
penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini.
Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi
(yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan.
Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk
kepentingan kejahatan mereka.
Untuk itu kitasebagai
orang tua harus memperhatikannya dengan cara . Mengontrol situs-situs Internet
yang menyajikan informasi yang kurang mendidik bagi masyarakat. Situs porno dan
kekerasan yang dapat merusak mental dan kepribadian anak-anak/remaja.
BAB V
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Remaja yang lebih sering menggunakan internet, tentu akan lebih mengetahui
program – program yang dimiliki internet secara intens, hal tersebut
menyebabkan mereka lebih mengetahui betapa banyaknya kesenangan yang mereka
dapatkan dari internet, sehingga mereka akan selalu mengikuti perkembangan
internet. Seperti menambah teman dari internet dan berkomunikasi secara intens
dengan komunitasnya. Yang menyebabkan mereka tidak pernah luput dari online di
internet, pada awalnya mereka merasakan kecanduan hingga responden kami mengaku
lupa waktu saat menggunakan internet. Mereka merasa waktu berjalan begitu cepat
hingga tanpa mereka sadari telah melewatkan waktu berjam – jam di dunia maya
(internet). Bahkan, sering kali lupa pada tugas yang harus mereka kerjakan di
dunia nyata, di sini terlihat bahwa mereka sangat antusias terhadap
perkembangan internet.
B.
Saran
Internet ini adalah media yang
paling efektif dan mudah untuk didapatkan dan diakses oleh siapa saja
dimanapun, walaupun tak dapat dipungkiri bahwa karena adanya kebebasan ini
dapat terjadi pula penyalahgunaan fasilitas internet sebagai sarana untuk Kriminalitas
atau Asusila. Hal ini dapat menjadi sebuah motivator terhadap siswa untuk terus
berkembang dan juga dapat berfungsi sebagai penghancur (generasi muda), remaja
adalah makhluk yang rentan terhadap perubahan disekitarnya.
No comments:
Post a Comment