Tuesday 30 June 2015

Cerpen : Cinta,Musibah dan Anugerah


Cinta,Musibah dan Anugerah
 





Oleh : Hayatun Rahmi
                   Di sebuah negara yang bernama Indonesia, terdapat sebuah provinsi yang benama Aceh. Di provinsi Aceh terdapat sebuah kapupaten dari utara ibu kota yang bernama Bireuen. Dan disebuah desa di kabupaten tersebut,tinggallah seorang pemuda yang berbadan tinggi,tegap dan berkulit putih. Pemuda tersebut bisa di golongkan dalam kategori remaja. Pemuda tersebut bernama Ichan. Dia bekerja di sebuah pabrik penggilingan padi di sebuah kecamatan Jangka. Dlam diri Ichan sudah lama tersirat dan tersurat untuk mencari cinta yang telah lama diidamkan dan dia juga mau merasakan gimana sih rasanya jatuh cinta itu dan memiliki seorang cewek…..maklum !!! Ichan belum pernah pacaran.
                   Setelah satu minggu bekerja di pabrik tersebut, dia melihat ada seorang cewek yang kulitnya putih bersih dan bola matanya seperti keturunan bangsa Cina,tapi apa daya !,Ichan bukanlah seorang anak yang bermental tinngi. Dia sangat lugu,padahal dia remaja yang masih sekolah. Dia sangat ingin merasakan cinta dan ingin punya pacar,nama cewek itu adlah Meme,dia sekolah di SLTP Negeri 1 peusangan,sedangkan Ichan sekolah di SMA 2 Peusangan. Meme duduk di kelas 3 SLTP, Ichan duduk di kelas 3 SMA.  Tapi apa daya Ichan tak berani mengatakannya . saat Meme menjemur padi di pabrik tak satu pun kata keluar dari mulutnya, hanya kaki yang gemeteran dan suaranya seperti tak keluar lagi (tersendak dan bisu).
                   Hari-hari terus berlalu, Ichan belum bisa untuk mengungkapkan perasaannya,padahal hatimya selalu gelisah. Dalam benaknya selalu berpikir,
“apakah Meme akan menjadi pacarku?” sedangkan Meme sudah tamat SLTP,dia sekarang sekolah di SMA 2 Peusangan dan  Ichan sudah tamat SMA. Tapi yang tidak masuk akal, Ichan sudah menjadi anak pemberani! Dia tidak takut lagi sama cewek-cewek ,sekarang rambutnya gaul,pakek kacamata! Yang hebatnya malah cewek yang ngejar-ngejar Ichan. Tapi Ichan bukan cowok yang playboy !!! prinsipnya kalu ada satu cewek dalam hatinya,tak akan ada lagi cewek lain yang bisa menggantikan dia,karena dalam hatinya sudah ada Meme.
                   Tanggal 26 agustus 2013 Ichan ngungkapin semua perasaanya ke Meme,emang Meme bukan cewek yang sombong, dia mau memerima Ichan apa adanya. Dua hari setelah jadiah,mereka jalani cinta dengan penuh rasa bahagia, apalagi diawali dengan pacaran, rasanya dunia milik berdua. Samapai dua bulan lamanya kisah cinta Ichan  and Meme masih biasa-biasa saja, tapi waktu bulan ke 3 mereka pacaran, Meme berubah menjadi anak yang egois !!! kalau Ichan telepon,sms,chatting ,bukan malah senang,tapi Meme selalu pengen berantem,akhirnya Ichan tau penyebab berubahnya Meme selama ini,ternyata Meme bukanlah  cewek b aik yang Ichan kenal,dia sudah terjerat sebuah perselingkuhan.
                   “Jalan menuju cinta itu tak selamanya lurus kadang ada tikungan yang bernama “ kegagalan” bundaran yang benama ”kebingungan” tanjakn yang bernama “godaan” lampu merah yang bernama “kejanggalan” lampu kuning yang bernama “perdebatan” kamu akan mengalami ban kempes yang bernama “perseingkuhan” tetapi jika engkau memilih ban seram yang bernama “kesabaran”maka akan dapat asuransi yang bernama “ iman “ pengemudi yang bernama “ kepercayaan” dan engkau akan sampai ke tempat tujuan yang bernama “cinta sejati”
                   Setelah tahu tentang perselingkuhan Meme , Ichan tidak berhenti sampai di situ, dia mencari tahu siapa sosok yang menjadi teman selingkuhan Meme. Ternyata cowok itu teman Meme disekolah namanya Ayar !dia tinggal di seputaran Matangglumpangdua. Karena Ichan tidak suka dengan sifat Meme, dan tingkah lakunya,akhirnya mereka putus di tengah jalan. Setelah putus mereka saling memojok dan mengejek saat bertemu.
                   Tetapi pada akhirnya cerita mereka berdua berubah dan menjadi teman akrab.
Semua itu terjadi karena mereka berdua mandapat musibah. Pada hari jum’at tanggal 3 juli bertepatan dengan 10 rajab tahun 1435 H, ayah Ichan meninggaal dunia karena stroke. Sedangkan pada hari rabu 8 juli bertepatan 15 rajab ibunya Meme meninggal karena penyakit pembengkatan pada jantung. Akhirnya mereka menjadi teman baik dan menjadi contohkepada teman-temanya.
                   “CINTA,MUSIBAH DAN ANUGERAH”
TAMAT

                        

No comments:

Post a Comment

Makalah : Sistem Pedidikan Nasional