Friday 3 July 2015

Artikel : Gas

Gas
Gas adalah suatu fase benda dalam ikatan molekul yang sangat renggang pada suhu tertentu, biasanya titik uap suatu zat. Gas mempunyai kemampuan untuk mengalir dan dapat berubah bentuk. Namun berbeda dari cairan yang mengisi pada besaran volume tertentu, gas selalu mengisi suatu volume ruang, mereka mengembang dan mengisi ruang di manapun mereka berada. Tenaga gerak/energi kinetis dalam suatu gas adalah bentuk zat terhebat kedua (setelah plasma). Karena penambahan energi kinetis ini, atom-atom gas dan molekul sering memantul antara satu sama lain, apalagi jika energi kinetis ini semakin bertambah.
Kata "gas" kemungkinan diciptakan oleh seorang kimiawan Flandria sebagai pengejaan ulang dari pelafalannya untuk kata Yunanichaos(kekacauan).

Berbagai Macam Gas dan Manfaatnya :

GAS CO2
Industri makanan dan minuman
Dapat kita lihat pada pembuatan roti yang berfungsi sebagai pengembang roti dengan bantuan ragi.  Untuk produk  minuman khususnya yang bersoda.
Bahan pemadam kebakaran
CO2 di semburkan pada api melalui selang pemadam kebakaran sehingga api tidak terkena kontak dengan oksigen sehingga dapat menghentikan api.

GAS KLOR
Klorin adalah bahan kimia yang di gunakan sebagai desinfektan dan pemutih.  Pada suhu ruangan, klorin berbentuk gas yang berwarna kuning kehijauan dan mempunyai bau yang tajam.
Klorin biasanya di gunakan untuk air mand, kolam renang, air minum, karena klorin memiliki efek membunuh kuman dan bakteri E.Coli dan harganya pun sangat murah.  Selain itu klorin juga bisa di gunakan untuk memutihkan baju.  Di pasaran klorin di kemas dalam bentuk berbagai merk pasar yang mudah sekali bisa kita temukan.
GAS OKSIGEN
Kita tahu bahwa tidak ada satu makhluk hidup di bumi yang tidak butuh oksigen.  Tanaman akan tumbuh baik jika tanahnya mengandung oksigen.  Ikan dan semua semua makhluk hidup hidup karena oksigen.
GAS NITROGEN
Merupakan gas yang tersedia di alam namun tidak memiliki sifat merusak. Udara yang kita hirup sehari-hari sebanyak 78% adalah Nitrogen. Unsur Oksigen justru kurang dari 21%. Sisanya adalah uap air, CO2 dan konsentrasi gas mulia seperti argon dan neon yang bisa kita abaikan keberadaannya. Karena sifatnya tidak merusak dan tidak mudah terbakar, Nitrogen menjadi pilihan bagi F1, MotoGP, dan Industri Pesawat Terbang untuk menjadi gas pengisi ban. Kelebihan Nitrogen adalah performa ban ditunjukan dengan tekanan udara stabil (tidak terjadi peningkatan temperatur akibat cuaca panas dan lamanya berkendaraan), daya cengkram pada permukaan aspal, dan elastisitas (kelenturan) karet ban sehingga terasa lebih nyaman. Sehingga untuk menjaga performa tersebut dibutuhkan gas Nitrogen karena memiliki keunggulan dibandingkan oksigen
HIDROGEN (H2)
Hidrogen merupakan gas paling ringan di dunia sehingga sering dipakai sebagai pengisi balon udara. Di alam, gas hidrogen dapat ditemukan di lapisan atmosfir dalam jumlah yang sangat kecil. Sedangkan dalam skala industri, hidrogen dapat diproduksi dari senyawa hidrokarbon dan air.
Manfaat hydrogen antara lain : Bidang energi: merupakan sumber energi bersih, karena tidak meninggalkan residu atau emisi gas berbahaya, yang dihasilkan hanya air. Digunakan pula sebagai bahan baker roket.
GAS ALAM
            Gas alam atau biasa kita kenal dengan gas bumi, gas yang kaya akan kandungan metana yang di produksi melalui pembusukan oleh bakteri anaerobik dari bahan-bahan organik selain dari fiosil atau di sebut biogas.  Biogas dapat di temukan di rawa-rwa, tempat pembuangan akhir sampah, serta penampungan kotoran manusia dan hewan.
Gas alam dapat berbahaya karena mudah sekali terbakar dan menimbulkan ledakan, apalagi di tempat tetutup.  Gas alam dewasa ini gas menjadi bahan alternatif yang banyak di gunakan masyarakat atau industri-industri lainnya seperti rumah sakit, apartemen, pt, dll.  Biasanya untuk rumah sakit gas yang di butuhkan adalah instalasi gas medis. Dari tahun ketahun penggunaan gas alam terus meningkat.
GAS METANA
Gas metana sebenarnya merupakan salah satu gas yang berbahaya, karena gas ini merupakan salah satu dampak efek rumah kaca yang disebabkan global warming pada bumi. Namun di tangan orang-orang kreatif  di TPA Talangagung, gas ini dijadikan sebagai pengganti gas yang digunakan untuk memasak oleh masyarakat sekitar.
Oleh karena itu, selain mengurangi dampak dari efek rumah kaca dengan memanfaatkan gas metana sebagai sumber energi alternatif, gas metani ini memang dapat mengurangi dampak pencemaran lingkungan akibat penumpukan sampah dan mengurangi areal untuk penampungan sampah, sangat baik untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan.
OZON (O3)
Ozon adalah molekul gas alami yang mudah larut dalam air dan tidak beracun. Di alam, ozon ditemukan di lapisan luar dari atmosfir dan berfungsi sebagai tameng terhadap radiasi ultra violet sinar matahari yang dapat menyebabkan penyakit kanker kulit. Di permukaan bumi ozon dikenali dengan aroma segar antiseptik yang muncul setelah hujan guntur. Ozon-lah yang menimbulkan perasaan santai karena menghirup udara segar dan bersih di sekitar air terjun dan di pantai berombak.
Ozon adalah molekul gas yang terdiri dari 3 atom Oksigen dan mempunyai rumus kimia O3. Molekul Ozon bersifat tidak stabil dan akan selalu berusaha mencari ‘sasaran’ untuk dapat melepaskan satu atom Oksigen dengan cara oksidasi, sehingga dapat berubah menjadi molekul Oksigen yang stabil (O2). Karena sifat oksidatornya yang sangat kuat, maka Ozon sangat unggul untuk desinfeksi (membunuh kuman), detoksifikasi (menetralkan zat beracun) dan deodorisasi (menghilangkan bau tidak enak) dalam air dan udara.
Dalam hal desinfeksi / sterilisasi air, teknologi Ozon paling unggul dan sangat efektif. Ozon dapat menghancurkan kuman, bakteri, virus, jamur, spora, kista, lumut dan zat organik lainnya. Selain itu, juga dapat menetralisir zat inorganik / mineral yang berlebihan / beracun. Penggunaan Ozon tidak menghasilkan zat sisa yang membahayakan kesehatan. Bahkan sebaliknya, akan menambah kadar oksigen dalam air sehingga lebih segar dan sehat.
 AMONIAK (NH3)
Amoniak adalah senyawa kimia dengan rumus NH3. Biasanya senyawa ini didapati berupa gas dengan bau tajam yang khas (disebut bau amonia). Amonia merupakan senyawa nitrogen yang terpenting dan paling banyak di produksi. Manfaat Amoniak antara lain untuk pembuatan pupuk, terutama urea dan ZA (Zwavelzur amonium = amonium sulfat)
FREON

Freon adalah gas yang banyak digunakan untuk pendingin, misalnya dalam piloks (cat dalam botol) kalau kita pegang akan terasa dingin karena ada freonnya,
Freon juga dipakai dalam kulkas untuk pendingin, agar suhu dalam ruangan kulkas bisa serendah mungkin.

No comments:

Post a Comment

Makalah : Sistem Pedidikan Nasional