BAB I
PENDAHULUAN
A.LATAR
BELAKANG
Apakah
yang dimaksud dengan permintaan? Untuk memahami arti permintaan, perlu kita
ketahui faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan konsumen. Faktor pertama
adalah barang dan jasa. Kebutuhan konsumen pada dasarnya merupakan permintaan
akan barang dan jasa tertentu. Faktor kedua adalah harga. Konsumen cenderung
memilih barang dan jasa semurah-murahnya. Faktor ketiga adalah situasi. Dalam
situasi tertentu, misalnya untuk pesta ultah emas atau saat persediaan di pasar
menipis, konsumen bersedia membeli barang dan jasa tertentu dengan harga mahal.
B.RUMUSAN
MASALAH
1. Teori
permintaan !
2. Hukum
permintaan !
3. Kurva
permintaan
4. Faktor
yang mempengaruhi permintaan !
5. Pergeseran
kurva permintaan !
BAB II
PEMBAHASAN
A.TEORI
PERMINTAAN
Pengertian
teori Permintaan
adalah teori ekonomi yang menyatakan bahwa harga dipengaruhi oleh permintaan.
Oleh karena itu, teori tersebut berasumsi bahwa ketika permintaan di pasar
naik, maka harga barang pun akan ikut naik. Tetapi, jika permintaan turun, maka
harga pun akan ikut turun. Turunnya permintaan sendiri awalnya disebabkan oleh
naiknya, atau terlalu tingginya harga di pasar, sehingga masyarakat berfikir
ulang untuk spending money.
Maka, ketika masyarakat tidak
berminat untuk membeli barang mereka (produsen), maka produsen akan menurunkan
harganya, agar masyarakat kembali dapat mengkonsumsi barang yang mereka
produksi.
Berdasarkan ciri hubungan antara
permintaan dan harga dapat dibuat grafik kurva permintaan.
Permintaan adalah kebutuhan
masyarakat / individu terhadap suatu jenis barang tergantung kepada
factor-faktor sebgai berikut:
- Harga barang itu sendiri
- Harga barang lain
- Pendapatan konsumen
- Cita masyarakat / selera
- Jumlah penduduk
- Musim / iklim
- Prediksi masa yang akan datang.
8. Indikator A.3 dan A.4:
B.HUKUM
PERMINTAAN
“Hukum
permintaan: semakin rendah harga suatu produk, barang, dan atau jasa, maka
semakin banyak jumlah produk, barang, dan atau jasa yang diminta. Jika harga
produk, barang, dan atau jasa tinggi, maka permintaan menurun..”
C.KURVA
PERMINTAAN
“Suatu kurva yang menggambarkan
sifat hubungan antara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut
yang diminta para pembeli.” Kurva permintaan berbagai jenis barang pada umumnya
menurun dari kiri ke kanan bawah. Kurva yang demikian disebabkan oleh sifat
hubungan antara harga dan jumlah yang diminta yang mempunyai sifat hubungan
terbalik
Merupakan kurva yang menunjukkan berapa banyak produk yang dibeli oleh konsumen pada tingkat harga tertentu. Kurva permintaan membentuk slope negatif dari kiri atas ke kanan bawah.
Mengapa Kurva Permintaan
membentuk Slope Negatif???
Kurva
permintaan membentuk slope negatif karena sesuai dengan Hukum Permintaan yaitu
bahwa harga produk berbanding terbalik dengan jumlah produk yang dibeli
konsumen. Sebagaimana terlihat dalam tabel
D.FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN
1. Perilaku konsumen /
selera konsumen
Saat ini handphone blackberry sedang trend dan banyak yang beli, tetapi beberapa tahun mendatang mungkin blackberry sudah dianggap kuno.
Saat ini handphone blackberry sedang trend dan banyak yang beli, tetapi beberapa tahun mendatang mungkin blackberry sudah dianggap kuno.
2. Ketersediaan dan harga
barang sejenis pengganti dan pelengkap
Jika roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal maka meises, selai dan margarin akan turun permintaannya.
Jika roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal maka meises, selai dan margarin akan turun permintaannya.
3. Pendapatan/penghasilan
konsumen
Orang yang punya gaji dan tunjangan besar dia dapat membeli banyak barang yang dia inginkan, tetapi jika pendapatannya rendah maka seseorang mungkin akan mengirit pemakaian barang yang dibelinya agar jarang beli.
Orang yang punya gaji dan tunjangan besar dia dapat membeli banyak barang yang dia inginkan, tetapi jika pendapatannya rendah maka seseorang mungkin akan mengirit pemakaian barang yang dibelinya agar jarang beli.
4. Perkiraan harga di masa
depan
Barang yang harganya diperkirakan akan naik, maka orang akan menimbun atau membeli ketika harganya masih rendah misalnya seperti bbm/bensin.
Barang yang harganya diperkirakan akan naik, maka orang akan menimbun atau membeli ketika harganya masih rendah misalnya seperti bbm/bensin.
5. Banyaknya/intensitas
kebutuhan konsumen
Ketika flu burung dan flu babi sedang menggila, produk masker pelindung akan sangat laris. Pada bulan puasa (ramadhan) permintaan belewah, timun suri, cincau, sirup, es batu, kurma, dan lain sebagainya akan sangat tinggi dibandingkan bulan lainnya.
Ketika flu burung dan flu babi sedang menggila, produk masker pelindung akan sangat laris. Pada bulan puasa (ramadhan) permintaan belewah, timun suri, cincau, sirup, es batu, kurma, dan lain sebagainya akan sangat tinggi dibandingkan bulan lainnya.
E.PERGESERAN KURVA PERMINTAAN
Beberapa faktor yang
dapat memepengaruhi pergeseran kurva permintaan:
1. Rata-rata pendapatan konsumen. Apabila pendapatan naik, setiap orang akan
cenderung mengkonsumsi lebih/membeli lebih banyak barang meskipun harga barang
tidak berubah.
2. Ukuran pasar. Kota yang populasinya lebih besar cenderung akan membeli
lebih banyak daripada kota yang populasinya kecil.
3. Harga dan ketersediaan produk-produk yang
berkaitan. Salah satunya yang
penting adalah produk substitusi. Misalnya saja, permintaan akan mobil
berukuran sedang akan rendah apabila harga mobil berukuran kecil murah.
4. Selera. Berbagai perbedaan sejarah dan budaya akan mempengaruhi
selera konsumen. Produk tertentu mungkin laku di suatu wilayah, namun tidak di
wilayah lainnya. Misalnya saja, daging kerbau tidak akan laku di India karena
tabu untuk dikonsumsi (kerbau adalah binatang yang mulia di India). Perbedaan
ini juga dapat berupa kebutuhan psikologi tertentu, pakaian dan makanan khas
daerah, rokok, mobil mewah, dan lain sebagainya.
5. Pengaruh-pengaruh khusus. Misalnya saja, permintaan produk dekorasi
natal menjelang perayaan Natal, baju renang menjelang musim panas, payung
menjelang musim hujan, dan transportasi publik ketika harga parkir/bensin
sangat mahal.
Pergeseran kurva permintaan dari garis D ke garis D1 menunjukan
bahwa peningkatan permintaan dapat mempengaruhi tingkat harga suatu komoditas.
Perusahaan akan cenderung meningkatkan harga suatu komoditas, pada saat
permintaan atas komoditas tersebut meningkat. hal itu dilakukan untuk
meningkatkan profit perusahaan.
BAB III
PENUTUP
A.KESIMPULAN
Pengertian teori Permintaan adalah teori ekonomi yang
menyatakan bahwa harga dipengaruhi oleh permintaan. Oleh karena itu, teori
tersebut berasumsi bahwa ketika permintaan di pasar naik, maka harga barang pun
akan ikut naik. Tetapi, jika permintaan turun, maka harga pun akan ikut turun.
Turunnya permintaan sendiri awalnya disebabkan oleh naiknya, atau terlalu
tingginya harga di pasar, sehingga masyarakat berfikir ulang untuk spending
money.
B.SARAN
Dengan adanya makalah ini,
semoga kalian dapat memahami dan mengerti tentang teori
permintaan. Kami kritikan dari kalian semua, agar dapat
membangun dan membuat kami dapat memeprbaiki diri.
DAFTAR PUSTAKA
SUMBER:
No comments:
Post a Comment